Resep Membuat Rendang Ayam

Resep Membuat Rendang Ayam

Rendang merupakan masakan khas tradisonal dari sumatra barat tepatnya adalah minang kabau. Hampir semua orang yang tinggal di indonesia mengetahui apa itu rendang. Dan bahkan sekarang ini sangat mudah sekali ketika kita ingin makan rendang. Karena sudah banyak tempat – tempat makan yang menyajikan dan menjual menu masakan rendang ini. Bahkan masakan rendang ini juga terkadang hadir  di setiap perayaan dan acara keluarga. Namun demikian rendang ini bisanya identik dengan daging sapi, padahal tidak demikian. Kita bisa mengganti dengan bahan lainnya seperti ayam yang rasanya tidak kalah lezat dari daging sapi. Ketika kita mengganti dengan ayam maka biaya yang kita keluarkan juga akan lebih murah di bandingkan ketika kita membuat dengan daging sapi. Yuk simak bagai mana cara membuat rendang daging ayam. Disini penulis akan memberikan tips dan resep cara membuat rendang ayam yang tidak kalah lezat nya dengan rendang daging sapi.

Resep dan Cara Membuat Rendang Ayam

1. Buang biji cabai merah untuk pewarna pada bumbu halus

Bumbu – bumbu yang di haluskan diantaranya adalah bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, ketumbar dan cabai merah keriting. Cabai merah kerting yang di gunakan biasanya antara 10 – 20 untuk satu potong ayam. Supaya tidak terlalu pedas, maka hilangkan biji cabai dan gunakan kulitnya saya sebagai pembari warna merah. Bagi kalian yang gemar dengan rasa pedas maka biji pada cabai tersebut tidak usah di buang. Untuk rasa pedas ini sesuaikan dengan selera kalian masing masing ya.

2. Bisa gunakan ayam kampung untuk tekstur dan rasa yang lebih lezat

Untuk menghasilkan rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih padat mana kalian bisa menggunakan ayam kampung sebagi bahan utamanya. Tetapi hal tersenut tidak harus menggunakan ayam kampung, melainkan menggunakan ayam potong juga bisa. Akan tetapi ketika kalian menggunakan ayam potong tekstur yang di dapatkan tidak sepadat ketika kalian menggunakan ayam kampung. Maka disini penulis menyarankan kalian untuk menggunakan ayam kampung.

3. Gunakan asam kandis

Gunakan asam kandis sebagai penyedap dan pemberi rasa asam yang alami. Asam kandis ini memberikan cita rasa yang khas pada setiap masakan khas sumatra, termasuk rendang ini. Masukan asam kandis bersama dengan serai, lengkuas, semua rempah daun, kayu manis, dan cengkeh dalam tumisan bumbu halus. Masaklah semua bumbu itu semua sampai tercium bau yang harum.

4. Masak dengan api kecil

Tumis bumbu dengan api kecil, masukan juga santan, lalu masak dengan api keci supaya santan tidak pecah. Kemudian masukan potongan ayam, masak dengan api kecil sampai santan menyusut dengan sendirinya. Mengapa menggunakan api kecil, karena itu akan membuat daging ayam menjadi empuk dan matang dengan merata pada saat santan menyusut. Ketika kita menggunakan api besar dikhawatirkan daging ayam tidak matang dengan merata.

5. Tambahkan santan jika santan muai mengering tetapi danging belum empuk

Membuat daging ayam kampung lebih empuk memang lebih lama dari pada ayam potong. Karena tekstur daging ayam yang lebih padat dibandingkan dengan daging ayam potong. Maka ketika daging ayam belum empuk dan santan sudah mulai meyusut kalian bisa menambahkan santan lagi. 

Catatan

Itulah resep dan cara membuat rendang daging ayam yang lezat dan sederhana. Yang mudah di buat dan bisa di praktikkan sendiri di rumah untuk santapan bersama keluarga kalian. Selamat mencoba untuk kalian semua. Untuk resep masakan dengan varian rasa yang berbeda kalian bisa lihat di resepidola.com .

Baca Juga Artikel:

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *