5 Pemanis Pengganti Gula

5 Pemanis Pengganti Gula

Sharing is caring!

Kalian mungkin pernah merasa mengantuk setelah memakan atau minum yang terasa manis. hal itu bisa jadi karena gula dalam makanan dan minuman anda meningkatkan gula darah dalan tubuh.

Mengkonsumsi gula yang tinggi juga sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan loh, bahkan memicu diabetes dan obesitas. Lalu bagaimana jika membutuhkan pemanis daam makanan atau minuman anda?

Disini saya akan merekomendasikan 5 pemanis sehat pengganti gula yang kalian bisa campurkan di dalam makanan atau minuman yang anda inginkan.

1. Madu

Selain rasanya manis, madu juga sering dijadikan pengganti gula pada makanan dan minuman. Madu memiliki sekitar 40% fruktosa dan 30% glukosa. Sedangkan gula mengandung skitar 50% fruktosa dan 50% glukosa. Hal ini menandakan jika keduanya sama – sama dapat meningkatkan kadar gua darah.

Namun yang membedakan adalah, madu tidak meningkatkan gula darah dalam waktu cepat. Karena madu juga mengandung magnesium, kalium, antioksidan, dan beberapa jenis vitamin lainnya.

Akan tetapi kalian juga harus teliti dalam memilih madu ya. Pastikan yang kalian gunakan adalah madu murni. Karena sekarang banyak loh madu yang di campur dengan gula dan pemasnis buatan.

2. Gula Kelapa

Gula kelapa ini terbuat dari getah pohon kelapa. Mungkin kalian lebih mengenalnya dengan sebutan gula aren. Gula kelapa ini mengandung nutrisi seperti zinc, zat besi, kalsium, dan potasium.

Fruktosa gula kelapa juga jauh lebih sedikit loh dari pada gula pasir putih. Frtuktosa yang rendah akan meminimalisir timbunan lemak dalam tubuh.

3. Stevia

Untuk saat ini pemanis pengganti gula terbaik adalah stevia. Mungkin kalian merasa asing dengan kata – kata tersebut. Karena penggunaan gula stevia untuk saat ini masih jarang di tanah air kita, yang banyak menggunakan adalah di daerah jepang.

Keunggulan gula stebia adalah tidak mengandung kalori dan bersifat 200 kali lebih manis dari pada gula dalam takaran yang sama. Karena 0% kalori, stevia baik untuk diet dan tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Keunggulan – keunggulan ini menyebabkan pengguna gula stevia baik untuk penderita diabetes, obesitas, dan untuk orang yang sedang membatasi kalori atau diet.

4. Sirup Maple

Sirup ini merupakan ekstrak getah pohon maple. Jumlah sukrosa sirup maple ini bahkan lebih sedikit dibandingkan madu. selain itu, sirup maple juga mengandung zinc, magnesium, dan zat besi yang baik untuk ketahanan tubuh.

Sirup maple ini cocok digunakan sebagai pengganti gula pada kopi, toping untuk pancake, roti bakar dan lain sebagainya.

5. Sirup Agave

Sirup ini dihasilkan dari tanaman yang sama dengan tequila. dan melalui serangkaian proses supaya karbohirat bisa dipecah menjadi gula. Sirup agave ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan gula, seperti indeks glikemik dan tidak meningkatkan gula darah secara cepat. jumlah kalorinya hampir sama dengan madu, bedanya sirup agave tidak mengandung antioksidan.

Catatan

Mungkin itulah 5 pemanis sehat yang kalian dapat gunakan untuk menggantikan gula. Bukan cuma untuk penderita diabetes dan yanf sedang diet aja. Namun semua orang juga bisa mulai mengganti gula pasir dengan yang lebih sehat. Tetap ikuti kami di resepidola.com karena disana akan ada tips & trik baru setiap harinya untuk dapur kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *